07 May

Tips Mencari Mitra Kerja Bagi Pemula

Seorang yang baru saja menginjakkan kakinya dalam dunia bisnis pasti mempunyai ribuan pekerjaan yang harus segera dipelajari dan juga diselesaikan. Permasalahan yang datang bisa saja berupa faktor internal ataupun eksternal dan semua ini akan berpengaruh dalam perkembangan bisnis kedepannya. Cara pandang dan target adalah salah satu modal khusus yang harus dimiliki setiap orang untuk menjalankan bisnisnya. Semisal, jika dirasa bisnis yang akan dijalankan membutuhkan kemitraan, sebaiknya segeralah memulai untuk mencarinya. Tapi ingat, memilih mitra kerja bukanlah segampang memilih buah dipasar. Mitra kerja bisa diibaratkan dengan pasangan hidup, dan memilihnyapun harus berhati-hati.

mitra kerja
Bagi seorang bisnisman yang sudah expert, tentunya ini akan lebih mudah karena telah terbiasa. Namun bagaimana jika seorang pemula? Bisa jadi ini akan sedikit memusingkan. Padahal disamping permasalahan mengenai mitra kerja, anda juga harus bergulat dengan beberapa permasalahan lainnya. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa tips mencari mitra kerja yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk memilih partner kerja yang berkualitas.
1. Cari mitra kerja yang berpandangan sama
Dalam berbisnis tentu ada sesuatu yang akan dicapai. Untuk mencapai sesuatu, anda harus berjalan dengan orang yang memiliki visi yang sama sehingga ini akan menjadi jalan yang mudah untuk mencapai tujuan yang dinginkan. Dengan memiliki mitra yang sevisi dan semisi, maka anda bisa saling melengkapi dan juga saling memotivasi agar selalu bersemangat dan tidak pantang menyerah. Itulah pentingnya mitra yang memiliki visi misi yang sama.

2. Latar Belakang merupakan point penting dalam memilih seorang mitra
Mitra kerja bukanlah robot yang hanya akan bergerak jika anda gerakkan. Mitra kerja adalah orang yang akan anda ajak untuk maju kedepan dengan mempertaruhkan bisnis sebuah bisnis. Artinya mitra kerja haruslah orang yang benar-benar anda ketahui latar belakangnya. Selain itu, mereka juga bukan orang yang hanya sehari dua hari bekerja sama dengan anda, selayaknya partner hidup, mereka akan selalu bersama anda hingga selama bisnis anda berjalan. Untuk itu, kepribadian juga akan mempengaruhi jalannya bisnis anda. jika anda sudah yakin dengan latar belakang dari si mitra kerja anda akan tenang dalam menjalankan bisnis anda bersama.

3. Buatlah detail kerja yang jelas.
Mitra kerja harus memiliki keahlian sesuai dengan bidang yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Jika anda sudah menemukannya, buatlah kesepakatan pembagian tugas antara anda dengan mitra. Usahakan ini berupa tulisan yang dilengkapi dengan deskripsi dan juga sasaran yang jelas. Jangan lupa, bicarakan detail antara bagi hasil dan ruginya. Melakukan penjelasan dan juga kesepakatan ini di awal akan lebih membuat hubungan kemitraan anda jadi lebih aman.

4. Jangan asal pilih.
Satu hal lagi yang perlu perhatikan saat menentukan mitra adalah jangan asal pilih biarpun mereka memiliki kelebihan yang memadai. Hal yang tak kalah penting lagi adalah mitra tersebut harus memiliki rasa saling memiliki. Rasa ini penting sehingga akan mampu membuat siapapun bertanggung jawab terhadap bisnis yang dijalankan. Sebagian orang beranggapan jika hanya menjadi mitra, maka mereka tidak akan memiliki tanggung jawab penuh terhadap bisnis yang sedang dijalankan sehingga terkadang melakukan hal yang seenaknya. Maka penting untuk memilih orang yang memiliki rasa saling memiliki.

Informasi Untuk Libur Hari Raya Idul Fitri, Mulai Tanggal 23 Juni - 2 Juli 2017